Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi 2017


BAB I

  1. Mencari fenomena dengan menentukan variabel dependen (Y).
    • Mengapa (Y) ini penting untuk diteliti.
    • Argumen didukung oleh buku, jurnal, dan artikel (terbaru).
    • Informasi dari perusahaan atau industri dapat digunakan untuk mendukung fenomena
  2. Hal-hal atau faktor apa yang secara umum menjadi penyebab terjadinya fenomena masalah (Mengapa tinggi atau rendah).
    • Sumber didapatkan dari buku, jurnal, dan artikel (lebih kurang 10 referensi).
    • Dari sekian banyak faktor penyebab, terdapat variabel (X) yang oleh penulis dianggap dapat mempengaruhi variabel (Y).
    • Jelaskan mengapa memilih variabel (X) tersebut (jelaskan dan dukung dengan referensi ilmiah)
  3. Setelah variabel X ditentukan, langkah selanjutnya adaah mencari jurnal, buku, yang membahas hubungan variabel (X) – variabel (Y).
    • Jurnal yang digunakan minimal bersumber dari 3 budaya/negara yang berbeda (indonesia, india, australia, kanada, eropa timur, eropa barat, amerika, china, timur tengah).
    • Hasil hubungan biasanya terdiri dari 3 kemungkinan: Signifikan (+), signifikan (-), No (tidak) signifikan.
    • Bahas dengan analisis mandiri.
    • Ambil kesimpulan jenis hubungan (signifikan +, signifikan -, atau no signifikan.
  4. Setelah mengidentifikasi hubungan antar variabel, lanjutkan dengan penjelasan mengapa memilihi perusahaan atau industri sebagai objek penelitian.
    • Mengapa memilih perusahaan/industri tersebut.
    • Ada apa dengan variabel (Y) pada perusahaan tersebut.
    • Masalah = TINGGI / RENDAH / STAGNAN.
    • Gunakan informasi internal untuk mendukung argument anda (data-data, wawancara, dll).
    • Penting untuk ditentukan sejak awal.
  5. Pembahasan terkait perusahaan atau industri dilakukan secara ringkas, tapi jelas.
    • Hubungkan kondisi masalah tadi dengan referensi yang digunakan sebelumnya.
    • Berikan pengantar dan penutup untuk masuk pada bagian RUMUSAN MASALAH.
    • BAB I selesai

BAB II

  1. Jelaskan secara singkat konsep dasar terkait variabel yang digunakan.
    • SDM, Marketing, teori dasar, dll.
    • Untuk setiap sub-bab, gunakan minimal 3 refrensi.
    • Setelah membahas berdasar 3 refrensi tersebut, buat kesimpulan sendiri.
    • Perhatikan perpindahan antar kalimat 4 paragraf.
    • Contoh ada 10 sub-bab: berarti ada 30 refrensi.
    • Berikan penjelasan ringkas mengapa penting untuk mempelajari konsep utama tersebut.
    • Untuk skripsi terkait HCTD, biasanya ada 2 konsep utama; SDM dan PO. Jika ingin ditambahkan teori dasar terkait hubungan antar manusia, bisa menggunakan teori psikologi dan sosiologi.
  2. Setelah membahas konsep utama, lanjutkan dengan kajian terhadap variabel yang digunakan. Gunakan kalimat yang selaras untuk menghubungkan konsep utama dengan variabel yang digunakan.
  3. Pembahasan terkait variabel yang digunakan harus mengandung unsur kajian tentang:
    • Definisi – misal Kepuasan kerja
    • Teori-teori atau konsep dasarnya – konsep kepuasan kerja dikemukakan oleh siapa saja dan kapan
    • Apa dampak variabel tersebut – hal2 apa yang akan terjadi terhadap perusahaan jika kepuasan kerja tinggi/rendah
    • Mengapa variabel tersebut penting – mengapa kepuasan kerja penting
    • Apa yang menyebabkan terjadinya variabel tersebut – faktor2 yang bisa meningkatkan atau melemahkan kepuasan kerja
    • Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel tersebut – untuk mengukur kepuasan kerja, indikator atau dimensi apa yang digunakan (berdasarkan referensi yang sudah ada). Pada bagian akhir dijelaskan, alat ukur apa yang akan digunakan dalam penelitian.
    • Gunakan minimal 3 referensi juga.
  4. Setelah semua variabel di jelaskan dengan konsep yang sama (poin 3), lanjutkan dengan pembahasan jurnal yang meneliti hubungan antar variabel.
  • Gunakan sebanyak mungkin jurnal dari berbagai latar belakang budaya (5 – 10 buah).
  • Bangun dasar yang kuat untuk kerangka pemikiran. Biasanya didasarkan pada hasil2 penelitian pada jurnal tersebut. Apakah berhubungan signifikan +, -, atau tidak berhubungan.
  1. Berdasarkan hasil2 penelitian tersebut, silakan dibuat kerangka pemikiran,
  2. Gunakan referensi yang terkait dengan alat ukur yang dibahas di bagian sebelumnya.
  3. Tentukan hipotesis penelitian.
  4. BAB II selesai.

BAB III

  1. Cari skripsi yang memiliki kajian analisis sama (hubungan antar variabel yang sama dan metode penelitian serta teknik analisis data yang sama).
  2. Pelajari alur yang dituliskan.
  3. Selanjutnya tulis ulang dengan bahasa sendiri.
  4. Referensi yang ada pada skripsi yang menjadi panduan, seluruhnya diganti dengan referensi baru (yang diperoleh mandiri oleh peneliti).
  5. Pastikan tata cara pengambilan sampel sesuai dengan yang direncanakan dan jelaskan mengapa memilih sampel tersebut.
  6. Buat operasionalisasi variabel dan item-item dalam kuisioner.
    • Operasi variabel disusun berupa tabel yang berisi tentang Variabel – Sub-variabel – Indikator – Jumlah Item – Skala. Disertakan referensi yang digunakan untuk membangun operasionalisasi variabel.
    • Tiap indicator, minimal 2 item.
    • Pastikan tiap item berkaitan dengan indicator.
  7. Jelaskan uji-uji yang perlu dilakukan
    • Validitas, reliabilitas
    • Asumsi klasik (normalitas, hetero, multikolinieritas, otokorelasi, dll)
    • Jika menggunakan teknik analisis tertentu, ada uji tambahan yang harus dilakukan
  8. Tentukan teknik analisis data:
    • Deskriptif, verifikatif, dll
    • Tes, analisis jalur, analisis faktor.
    • Baca dan pahami setidaknya satu buku tentang metodologi penelitian.
  9. Buat kuesioner sesuai dengan variabel dan indikator pada bagian operasionalisasi variabel.
    • Jika memungkinkan, gunakan kuesoiner yang sudah digunakan pada riset sebelumnya. Mintakan ijin kepada yang memiliki hak
    • Pastikan item2 yang dibuat benar2 mewakili dimensi/indikator yang hendak diukur.
  10. Rumuskan hipotesis statistik –H0 dan H1
  11. BAB III selesai

 

TIPS LAIN2

  1. Semua referensi harus berada dibawah kendali mahasiswa 100%. Beli, sewa, soft file dll, silakan diatur mendiri. Prinsipnya semua referensi dapat disediakan oleh mahasiswa ketika diminta dosen pembimbing dan penguji.
  2. Pastikan cara penulisan (isi, kutipan, pengantar, daftar pustaka, lampiran, dll) sesuai dengan panduan Telkom University.
  3. Sumber yang digunakan sebagai refrensi/kutipan harus sama dengan yang ada di daftar pustaka. Cek ulang dengan cara daftar pustaka di print, dan di lakukan cek manual dari bab I hingga III.
  4. Mahasiswa harus belajar merangkai kalimat, BUKAN sekedar memindahkan tulisan dari sumbernya. Harus ada pembahasan atau pemaparan dengan menggunakan bahasa sendiri. Konsep2 yang diambil dari referensi dapat dirangkum dengan cermat menggunakan bahasa sendiri à esensi penulisan SKRIPSI à bahwa mahasiswa dapat membuat karya ilmiah (tertulis) dengan baik menggunakan tata bahasa yang umum digunakan dalam dunia usaha.
  5. Gunakan jurnal dengan Bahasa Indonesia dan Inggris. Akan lebih baik jika jurnal yang digunakan beragam dari berbagai latar belakang budaya; Amerika, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, dan lainnya. Hal ini akan menambah persepsi keluasan kajian.
  6. Blog yang tidak dikelola dengan profesional tidak boleh digunakan (indikator ‘tidak bisa digunakan’ biasanya tergantung dari masing2 dosen pembimbing/penguji
  7. Gunakan web yang profesional dan kredibel (resmi)
  8. JANGAN COPY PASTE
  9. BAB I, II, III, Kuisioner
  10. Untuk penulisan daftar pustaka silakan simak bagian di bawah ini;

Contoh penulisan daftar pustaka – BUKU

Format yang digunakan ; Nama penulis, tahun, judul buku (italic), kota, penerbit.

  • Armstrong, M. (2009). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice, 11th Edition. London: Kogan Page.
  • Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi IV, Jakarta: Rineka Cipta.
  • Cooper, D.R., & Schindler, P.S. (2014). Business Research Methods, 12th Edition. New York:McGraw-Hill.
  • Cozby, P.C. & Bates, S.C. (2012). Methods in Behavioral Research, 11th Edition. New York: McGraw-Hill.
  • Darmawi, Herman. (2014). Manajemen Perbankan (Cetakan ketiga). Jakarta: Bumi Aksara.

Contoh penulisan daftar pustaka – JURNAL

Format yang digunakan ; Nama penulis, tahun, judul artikel jurnal, nama jurnal (italic), volume, nomor, halaman.

  • Brough, P., & Kalliath, T. (2009). Work–family Balance: Theoretical and empirical advancements. Journal of Organizational Behavior, 30, hlm. 581–585.
  • Brummelhuis, L.L.T.,& van der Lippe, T. (2010). Effective Work-Life Balance Support for Various Household Structures. Human Resource Management. March–April, Vol. 49, No. 2, hlm. 173-193.
  • Butts, M.M., Casper, W.J., & Yang, T.S. (2013). How Important Are Work–Family Support Policies? A Meta-Analytic Investigation of Their Effects on Employee Outcomes. Journal of Applied Psychology, Vol. 98, No. 1, hlm. 1–25.
  • Carlson, D.S., Kacmar, K. M., Wayne, J. H., Grzywacz, J.G. (2006). Measuring the Positive Side of the Work–family Interface: Development and Validation of a Work–family Enrichment Scale. Journal of Vocational Behavior. Vol. 68, hlm.131–164.

Contoh penulisan daftar pustaka – SUMBER WEB.

Nama penulis, tahun, judul artikel, alamat artikel di web, waktu akses

  • Aron, H.H.B.S & Khoiri, N. (2014). Saat Mantri Bank Jadi Andalan. Majalah Detik, Edisi 10-16 Februari 2014. http://majalah.detik.com/cb/ 2d4146189b56e824c7b777eb53ec1cba/2014/20140210_MajalahDetik_115.pdf. Di akses 15 Maret 2016.
  • Daniel, W. (2015). BRI Bayar Gaji Karyawan Rp 1,3 T per Bulan, Setara Bangun 3 Hotel. Diakses dari http://finance.detik.com/read/2015/12/02/ 105526/3085772/5/bri-bayar-gaji-karyawan-rp-13-t-per-bulan-setara-bangun-3-hotel Di akses 25 Februari 2016

Contoh penulisan daftar pustaka – Sumber perusahaan wawancara.

Nama sumber, tahun, jabatan/posisi sumber, waktu wawancara

  • Anonim. (2015). Wakil Pimpinan Wilayah BRI Bandung, Juni 2015
  • Ida, J. (2016). Senior Supervisor bidang HRM Ritelindo Jawa Barat, Agustus 2016

Contoh penulisan daftar pustaka – Sumber dokumen perusahaan.

Nama Perusahaan, tahun, nama dokumen

  • Telkomsel. (2015). Annual Report 2015.
  • BNI. (2017). Laporan Kinerja SDM 2017.

 

BAB IV

  1. Pembahasan diawali dengan penyajian hasil kuesioner terkait informasi demografis.
    • Sajikan dalam bentuk tabel atau grafik
    • Jelaskan secara deskriptif
    • Lakukan uji beda (jika diinginkan). Apakah perbedaan demografi membuat hasil yang diperoleh berbeda atau sama
    • Berikan penjelasan ringkas mengapa kondisi perbedaan itu bisa terjadi
  2. Pembahasan berikutnya adalah penyajian deskriptif hasil survei untuk variabel X dan Y secara deskriptif. Sajikan dalam bentuk tabel sederhana. Biasanya didukung dengan penggunaan garis kontinum untuk memudahkan identifikasi hasil.
    • Pada bagian ini dibahas bagaimana kondisi variabel yang diteliti di lingkungan perusahaan. Misal, apakah karyawan memiliki persepsi kepuasan kerja yang tinggi atau rendah dan seterusnya.
    • Di dalam pembahasan, siswa harus mengkaitkan hasil yang didapat dengan kondisi nyata di perusahaan. Disinilah perlunya akses yang jelas terkait perolehdan data.
  3. Pembahasan ketiga terkait dengan teknik analisis data yang digunakan. Disini siswa menyajikan hasil pengukuran yang dilakukan terkait data yang sudah diperoleh. Contoh berikut adalah untuk regresi berganda
    • Uji asumsi klasik; normalitas, heterokedastisitas, multikolinieritas
    • Analisis regresi berganda (R, R2, anova, dan lain2)
  4. Pembahasan keempat terkait dengan hasil penelitian.
    • Hasil penelitian dibandingkan dengan penelitian2 yang digunakan sebagai referensi. Misalnya; di India ternyata kepuasan kerja tidak dipengaruhi oleh Gaji, sebaliknya di Cina gaji merupakan faktor yang paling berpengaruh. Gunakan referensi2 yang sudah dipakai di bab sebelumnya.
    • Pembahasan juga dikaitkan dengan kondisi nyata di dalam perusahaan.
    • Pembahasan pada bagian ini merupakan perwujudan penguasaan tema riset oleh mahasiswa.
    • Jumlah halaman minimal 5 halaman. Perlu diingat bahwa saran untuk penelitian yang akan ditulis pada bab V, harus didasarkan pada pembahasan di bagian ini.
  5. BAB IV selesai

 

BAB V

  1. Terdiri dari kesimpulan dan saran
  2. Kesimpulan
    • Didapatkan dari pembahasan hasil analisis data dan pola hubungan yang teridentifikasi.
    • Hindari penggunaan angka2 yang tidak perlu
    • Tuliskan saran sesuai dengan pembahasan pada bab IV. Perlu diingat, saran yang diberikan adalah saran operasional. Artinya saran tersebut bisa diaplikasikan. Bukan sekedar menuliskan saran normatif atau formalitas.
    • Contoh saran yang tidak tepat ‘perusahaan XYZ harus meningkatkan kepuasan kerja karyawan…’.
    • Contoh saran yang tepat ‘Perusahaan XYZ harus meningkatkan kepuasan kerja karyawan dengan cara (1) membangun saluran komunikasi dua arah antara pimpinan dan bawahan. (2) Melakukan tinjauan ulang terkait beban kerja masing2 karyawan ….dan seterusnya.
  3. BAB V selesai

Semoga bermanfaat ………..


Leave a Reply