Single post

KOMITMEN ORGANISASI

Studi mengenai perilaku organisasi dapat dipandang melalui beberapa aspek. Aspek yang biasanya sering dijadikan lahan penelitian antara lain motivasi kerja, kepuasan kerja, budaya organisasi, dan kepemimpinan. Aspek-aspek tersebut diduga memiliki kaitan dengan pencapaian sasaran kinerja perusahaan dan organisasi. Menurut Luthans (2011 : 146), salah satu aspek yang paling sering diteliti adalah kepuasan. Meski demikian, saat ini, fenomena komitmen organisasi juga sudah mulai menarik perhatian dalam berbagai literatur perilaku organisasi. Meski pada intinya keduanya merupakan bentuk kepuasan, di antara kedua aspek tersebut memiliki perbedaan.

Kepuasan kerja lebih mengarah pada sikap karyawan terhadap pekerjaannya, sedangkan komitmen organisasi merupakan kepuasan terhadap perusahaan dimana karyawan bekerja. Meski berbeda, akan tetapi keduanya saling terkait. Beberapa karyawan mungkin merasa senang dan puas terhadap pekerjaannya, akan tetapi dia tidak senang dengan gaya birokrasi pada perusahaannya. Atau, seorang karyawan di bagian pengembangan bisnis, tidak terlalu senang dengan pekerjaan yang dilakukannya, meski demikian dia memiliki komitmen tinggi terhadap rencana pengembangan perusahaan.

Peneliti dan ahli perilaku organisasi mempelajari komitmen dan kepuasan kerja dari sudut pandang yang berbeda. Apalagi pada kondisi persaingan saat ini dimana merger, akuisisi, pengurangan tenaga kerja, globalisasi, kemampuan menjalankan pekerjaan di luar kantor, dan makin beragamnya karyawan, komitmen organisasi menjadi suatu kajian yang menarik dan relatif penting. Pemahaman terkait komitmen organisasi akan melengkapi kepuasan kerja individu yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap pencapaian sasaran perusahaan. Komitmen organisasi tidak hanya berkaitan dengan loyalitas karyawan, akan tetapi merupakan proses yang menunjukkan tingkat perhatian atau kepedulian karyawan terhadap keberhasilan dan kelangsungan perusahaan.

January 12th, 2017 at 4:07 am

pas lagi nyari artikel, makasih sudah share…

Leave a Reply

theme by teslathemes