Single post

Perilaku Organisasi Minggu ke 3

Materi untuk pertemuan ke 3 masih diisi dengan pemahaman latar belakang individu. Kali ini yang akan menjadi pokok bahasan adalah kepribadian, emosi, dan persespi yang dimiliki individu dan bagaimana ke 3 nya mempengaruhi masing2 individu dalam berinteraksi satu dengan yang lain. Adapun tujuan sesi ke 3 adalah:

  1. —Memahami perbedaan Kepribadian (Personality)
  2. —Memahami berbagai perasaan (Emotion) individu
  3. —Mempelajari perbedaan penafsiran/ persepsi
  4. —Mengetahui pengaruh persepsi dalam pengambilan keputusan
  5. —Memahami peran intuisi dalam pengambilan keputusan

Mengacu pada unit analisis utama untuk PO yang terdiri dari individu, kelompok, dan organisasi. Maka pembahasan sesi 3 hingga 5 difokuskan pada individu. Sesi ini akan mengkaji mengapa individu memiliki beragam kepribadian dan bagaimana kepribadian tersebut membentuk konsep berpikir yang nantinya akan menjadi dasar untuk bersikap dan berperilaku. Di samping kepribadian, individu juga memiliki perasaan (emosi). Dapat dikatakan kepribadian memiliki kaitan dengan perasaan yang akan ditunjukkan oleh individu tersebut.

Latar belakang kepribadian individu mempengaruhi bagaimana mereka bersikap dan berperilaku di dalam organisasi. Sikap dan perilaku seseorang akan direspon oleh orang lain dalam bentuk persepsi atau penafsiran. Mengapa demikian? Manusia tidak memiliki karunia untuk mengetahui secara pasti apa yang ada dalam pikiran orang lain. Mereka hanya bisa membuat dugaan2 berdasarkan sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh orang lain.

Kepribadian, sikap, dan perilaku yang ada di dalam individu akan mempengaruhi cara berpikir mereka, akan mempengaruhi pula cara bagaimana mereka menganalisis masalah, dan akhirnya akan mempengaruhi model pengambilan keputusan mereka juga. Seperti kita ketahui bahwa mengambil keputusan bukan lah masalah yang mudah. Individu dihadapkan pada berbagai pilihan aternatif yang semuanya nampak memiliki alasan yang tepat. Individu dengan pengalaman yang lebih banyak biasanya memiliki kepercayaan diri lebih tinggi ketika harus mengambil keputusan. Hal ini mungkin saja dipengaruhi karena mereka sudah berulang kali menghadapi kondisi yag relatif sama. Atau sebab lain adalah mereka sudah terbiasa di dalam kondisi demikian yang membuat mereka memiliki intuisi yang lebih tajam.

Untuk memahami materi pada sesi 3 beriku dilampirkan slide presentasinya.

SESI 03 – Emosi Persepsi, Dec Making 2016-17

Leave a Reply

theme by teslathemes