Single post

Perilaku Organisasi Pertemuan 2

Setelah membahas pengertian perilaku organisasi dan ilmu2 yang mendukung perkembangan PO, maka pada sesi 2 akan dibahas dasar dari perilaku individu. Terdapat lima hal utama yang dibahas;

  1. Karakteristik Biografi
  2. Tipe Kemampuan Individu
  3. Faktor-Faktor penentu Kepribadian
  4. Tipologi pekerjaan dan kepribadian
  5. Teori pembelajaran untuk perubahan perilaku

Slide untuk sesi 2 ini saya lampirkan.

Mengapa perlu mempelajari dasar2 perilaku individu dalam organisasi? Seperti sudah dijelaskan pada sesi 1, bahwa organisasi terdiri dari individu yang nantinya beraktivitas di dalam kelompok. Tentu saja penting bagi kita untuk tahu mengapa seorang individu melakukan tindakan atau bersikap. Apa yang melatarbelakanginya?

Individu memiliki kepribadian yang uni yang terbentuk sepanjang dia memulai kehidupan (lahir). Ada dua faktor penting yang berpengaruh, faktor keturunan dan lingkungan.

Faktr2 tersebut yang membawa keragaman di dalam organisasi. Keragaman ini akan berdampak pada pola hubungan yang ada di dalamnya. Pola hubungan ini nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja organisasi.

Dengan mempelajari sesi ini, diharapkan siswa bisa memahami perbedaan antar individu dan mengelola perbedaan tersebut untuk mencapai sasaran kelompok/organisasi. di samping itu, siswa juga bisa menyadari bahwa masing2 kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada akhirnya, kepribadian individu ini akan mempengaruhi pola pilihan2 jenis pekerjaan yang akan dilakukan.

Pada bagian terakhir sesi 2, akan dijelaskan bagaimana perilaku individu bisa diubah. Mengapa harus diubah? Kita hidup bersosialisasi dengan lingungan kerja. Tidak mungkin lingkungan yang harus menyesuaikan diri dengan diri kita. Oleh karenanya, sebagai individu yang baik, maka kita harus bisa menyesuaikan perilaku dengan kondisi yang dihadapi.

SESI 02 – DASAR PERILAKU INDIVIDU 2016-17

Leave a Reply

theme by teslathemes