Single post

Perilaku Organisasi Minggu 4 – Motivasi

Individu yang memiliki tujuan yang jelas serta hendak mencapainya dan dibuktikan dengan tindakan nyata, dapat dikatakan memiliki motivasi yang kuat. Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi dapat juga dikatakan sebagai keinginan dari individu atau kelompok untuk mencapai keberhasilan atau menghindari hal yang tidak diinginkan. Motivasi merupakan proses dalam mencapai suatu tujuan.

Motivasi dapat terbangun dari dua jenis pendorong (intrinsik dan ekstrinsik). Motivasi bersifat tatkala sifat pekerjaan itu sendiri yang membuat seorang termotivasi, orang tersebut mendapat kepuasan dengan melakukan pekerjaan tersebut. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah manakala elemen elemen diluar pekerjaan yang melekat di pekerjaan tersebut menjadi faktor utama yang membuat seorang termotivasi seperti status ataupun kompensasi. Banyak teori motivasi yang dikemukakan oleh para ahli yang dimaksudkan untuk memberikan uraian yang menuju pada apa sebenarnya manusia dan manusia akan dapat menjadi seperti apa.

Tujuan pembahasan sesi keempat adalah;

  1. Memahami pentingnya konsep motivasi dalam membangun lingkungan kerja yang produktif
  2. Memahami konsep motivasi klasik
  3. Memahami konsep motivasi kontemporer

Pada sesi ini akan dibahas bagaimana masing2 individu memiliki faktor pendorong yang beragam. Aktivitas di dalam perusahaan akan sangat terkait dengan tingkat motivasi yang dimiliki individu sebagai karyawan.

Konsep Dasar Motivasi

Leave a Reply

theme by teslathemes