Single post

Tetap Terhubung Selama di Rusia

Selamat pagi

Posting kali ini saya hendak membahas layanan internet yang bisa digunakan ketika kita berada di Rusia. Awal Juli lalu saya dan istri berkesempatan nonton piala dunia langsung di negara penyelenggara, Rusia. Kami berangkat dari tanggal 6 hingga 21 Juli 2018. Cita-cita sejak 1978 akhirnya terlaksana… Terkait pengurusan visa Rusia, karena kami memegang Fan ID, maka tidak diperlukan visa apabila kita berkunjung 10 hari sebelum dan sesudah tanggal penyelenggaraan Piala Dunia. Piala Dunia diselenggarakan dari 14 Juni – 15 Juli 2018, dengan demikian kunjungan saya masih termasuk dalam periode tersebut.

Salah satu kebutuhan vital ketika melakukan perjalanan adalah ketersediaan jaringan internet. Apalagi di Rusia yang bahasanya berbeda jauhhh. Manfaat jaringan internet akan sangat terasa ketika kita berkomunikasi dengan orang yang tidak bisa berbahasa Inggris. Rata-rata orang Rusia sulit berbahasa Inggris, bahkan karyawan hotel, hostel, maupun petugas di loket kereta dan bus.

Penyedia jasa komunikasi di Rusia, sejauh yang saya ketahui, ada 3 buah; Beeline, Megafone, dan MTC. Untuk MTC saya tidak sempat memperhatikan paket yang ditawarkan. Sedangkan Beeline menawarkan harga 1.500 Rubel untuk 5 GB dan komunikasi telpon selama 1 bulan dan beberapa palket lain yang tidak saya perhatikan juga. Saya memilih Megafon karena harga yang relatif murah, 1.000 Rubel, meski hanya untuk 2 minggu saja (sesuai dengan waktu kunjungan di Rusia). Paket yang ditawarkan adalah 30GB dan 1500 menit untuk telpon ke seantero Rusia.

Kecepatan akses di area perkotaan (Moskow, St Petersburg, Kazan, dan Nizhny Novgorod) sangat bagus. Hasil speedtest menunjukkan kecepatan download 36 Mbps rata-rata. AKan tetapi ketika melakukan perjalanan dengan kereta api (Moskow – St Petersburg; Moskow – Kazan; Kazan – Nizhny Novgorod; Nizhny Novgorod – Moskow) jaringan selama dalam perjalanan seringkali tidak tersedia. Untuk sebagian orang hal ini menjadi kendala. Bagi kami hal ini tidak terlalu berpengaruh, karena selama perjalanan (malam hari) sering kali tidur.

Aplikasi yang sering kami gunakan adalah Whatsapp, Telegram, Facebook, Instagram, Google search, Google Maps, & Google Translate. Seluruhnya LANCAR tidak ada kendala. Paket 2 minggu ini berlaku pas 2 minggu. Kami mendaftarkan paket tanggal 7 Juli jam 16.00, dan paket berakhir pada 21 Juli 16.00. Meski dalam bahasa Rusia, Megafon menyediakan informasi sisa paket yang tersedia. Silakan ditanyakan kepada petugas yang melayani, bagaimana mengecek sisa paket. Tidak sulit setelah kita mendapat petunjuk. Penggunaan kami selama 2 minggu tidak lebih dari 3 GB. Sedangkan untuk paket telpon dan SMS tentu banyak yang tersisa, karena jarang sekali digunakan.

Kami menyarankan agar anda segera membeli paket internet (komunikasi) begitu mendarat di bandara. Ketersediaan jaringan ini akan sangat membantu kita dalam merencanakan perjalanan di Rusia. Beberapa manfaat yang kami alami langsung dengan adanya jaringan internet :

  • kemudahan identifikasi lokasi tujuan
  • jaringan tranportasi publik yang jelas
  • selalu terhubung dengan orang2 yang perlu dihubungi
  • memudahkan komunikasi dengan orang Rusia yang kurang paham bahasa Inggris
  • perencanaan kunjungan ke lokasi wisata

Tanpa jaringan komunikasi, kami rasanya tidak akan menikmati Rusia secara lengkap. Banyak waktu yang dihemat dengan ketersediaan informasi yang jelas dan relatif akurat.

Demikian sharing saya terkait penggunaan kartu komunikasi selama di Rusia…Privet

 

Leave a Reply

theme by teslathemes